Tracer Studi Dan Relevansi Kurukulum Konsentrasi Hotel Dan Restoran Terhadap Pasar Tenaga Kerja Alumni D3 Pariwisata Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kesesuaian kurikulum pada konsetrasi Hotel dan Restaurant Program Studi D3 Pariwisata terhadap kebutuhan keahlian pada pasar tenaga kerja di bidang pariwisata dan mengetahui mata kuliah apakah pada Konsentrasi Hotel dan Restaurant D3 pariwisata diperlukan penyesuaian dengan kebutuhan keahlian pada pasar tenaga kerja di bidang pariwisata. Tekhnik analisis yang digunakan adalah analisis deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Output yang akan dihasilkan dalam penelitian ini adalah adanya relevansi kurikulum dengan kebutuhan akan pasar tenaga kerja yang akan meningkatkan permintaan tenaga kerja alumni konsentrasi Hotel dan Restoran D3 pariwisata FEB Unram.
Hasil penelitian memberikan gambaran tentang tanggapan pengguna alumni dan relevansi kurikulum Program D III Pariwisata Konsentrasi Hotel dan Restoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram sesuai dengan kelompok matakuliah adalah sebagai berikut: Pihak pengguna mengatakan bahwa kemampuan alumni secara umum masih dibawah standar rata-rata kompetensinya. Pihak mahasiswa yang melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) mengatakan relevansi kurikulum berdasarkan kelompok matakuliah terhadap pasar tenaga kerja yaitu: Kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK) mempunya relevansi yang cukup terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja, Kelompok mata kuliah keahlian berkarya (MKB) mempunyai relevansi kurang terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja, Kelompok matakuliah perilaku berkarya (MPB) mempunyai relevansi kurang terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja, Kelompok matakuliah berkehidupan bermasyarakat (MBB) mempunyai relevansi kurang terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja. Berdasarkan hasil pembahasan dapat diberikan solusi sebagai berikut: Berkaitan dengan keahlian berdasarkan bidang ilmu atau kompetensi utama dilakukan rekontruksi kurikulum dan peningkatan kualitas proses belajar mengajar, terutama sarana dan prasarana laboratoriumnya dilengkaapi. Berkaitan dengan keahlian berdasarkan integritas, komunikasi dan kerjasama tim mahasiswa perlu ditingkatkan soft skillnya dengan cara mahasiswa didorong untuk mengikuti kegiatan exktra kurikuler yang diminati.
Referensi
Salsabila.Sari.2013. Relevansi Kurikulum Jurusan Kupkulum Dan Teknologi Pendidikan Dengan Dunia Kerja (Studi Kasus Guru Tik . Dinas Pendidikan, dan LembagaDiklat). Skripsi UNS Semarang
Schomburg. Harald (2003). Handbook for Graduate Tracer Study. Mocnchebergstrasse Kassel. Germany: Wissenschafthches Zentrum m: Bemfsund Hochschulforschung. Universitéit Kassel
Sugiyono. 2005.Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta
Universitas Mataram. 2010. Kurikulum 2010. Mataram: UNRAM Press UNRAM.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal AKURASI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal AKURASI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.