E-WOM (Electronic Word Of Mouth): Dimensi dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Gili Matra di Kabupaten Lombok Utara (KLU)

  • Didy Ika Supryadi Universitas Mataram
  • Himawan Sutanto Universitas Mataram

Abstrak

Penelitian ini berjudul “E-Wom (Electronic Word Of Mouth):  Dimensi dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Gili Matra di Kabupaten Lombok Utara (KLU)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah  dimensi Electronic Word of Mouth (EWOM) yang terdiri dari Concern for Others, Expressing Positive Feeling, Economic Incentives, Helping the Company, Platform Assistance mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Gili Matra di media sosial Facebook, Instagram dan media online lainnya. Tujuan penelitian ini adalahmengetahui pengaruh dimensi Electronic Word of Mouth (EWOM) yang terdiri dari Concern for Others, Expressing Positive Feeling, Economic Incentives, Helping the Company, Platform Assistance pada Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Gili Matra di media sosial Facebook, Instagram dan media online lainnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang berasal dari responden dan data sekunder yaitu data yang berasal dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Utara. Variabel penelitian yang digunakan adalah 1. Variabel Electronic Word Of Mouth (X). Dalam penelitian ini variabel bebas yang ditetapkan adalah Electronic Word Of Mouth (e-WOM) yang terdiri dari lima dimensi yaitu: Concern for others, Expressing positive feelings, Economic Insentive, Helping the Company, Platform assistance.2. Variabel Keputusan Berkunjung Wisatawan (Y). Dalam penelitian ini variabel terikat yang ditetapkan adalah keputusan berkunjung wisatawan yang meliputi informasi dan rekomendasi yang diterima wisatawan melalui akun media sosial Facebook, Instagram dan media online lainnya yang terkait dengan 3 Gili Matra. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Dimensi E-WOM memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Gili Matra, Kabupaten Lombok Utara (KLU)

Referensi

Anonin.Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan
Ali Ibrahim, Mohammed.The Determinants of International Tourism Demand for Egypt: Panel Data Evidence.European Journal of Economics, Finance and Administrative Sciences ISSN 1450-2275 Issue 30 (2011)
Bagus, I Gusti, dkk. 2012. Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan. CV Andi Offset: Yogyakarta.
Beverley A. Spark et,al. The Impact of Online Reviews on Hotel Booking Intention and Perception of Trust. Tourism Management Journal, 2011, 32, 1310-1323
Emilia Gabroveanu et,al. Analysis of Main Economic Factors Influence on Romanian Tourists Number Accommodated in Romania, using Anova Method.Theoretical and Applied Economics Journal, 2010
Ghozali.2006.Analisis Multivariate Lanjutan Dengan ProgramSPSS. Badan Penerbit UNDIP. Semarang
Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Kepariwisataan. Alpabeta Bandung.
Pitana, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata.CV Andi Offset: Yogyakarta
Pendit, Nyoman. 1999. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. PT.Pradnya Paramita.Jakarta
Qiang Ye et,al. The Influence user-generated content on Traveler Behaviour: An Empirical Investigation on the Effects of e word of mouth to hotel online bookings. Computer in Human Behaviour Journal,2011, 27, 634-639
Raymond Y.C. Tse. Estimating the impact of economic factorson tourism: evidence from Hong Kong.Tourism Economics Journal, 2001, 7 (3), 277–293
Suwantoro, Gamal, 1997.Dasar-dasar Pariwisata. ANDY. Yogyakarta
Spillane. James. 1994. Pariwisata Indonesia : Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan.Kanisius.Yogyakarta.
Sharpley. 1994. Tourism, Tourism and Socciety. Huntingdom: ELM Publication
Soekadijo, R. G, 1997. Anatomi Pariwisata :Memahami Pariwisata Sebagai Sistem Linkage. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Diterbitkan
2018-09-29

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##