Marketing Strategy Pariwisata Melalui Marketing Mix Strategy Dan Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Lombok Utara (KLU)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Marketing Strategy Pariwisata Melalui Marketing Mix Strategy dan pengembangan Pariwisata di Kabupaten Lombok Utara (KLU)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimana strategi bauran pemasaran pariwisata di Kabupaten Lombok Utara (KLU) (b) Faktor-faktor apa saja yang menjadi kekuatan,kelemahan,ancaman dan peluang pengembangan pariwisata di Kabupaten Lombok Utara (KLU), (c)Bagaimana pengembangan pariwisata di Kabupaten Lombok Utara (KLU),Tujuan penelitian ini adalah (a) Untuk Menganalisis bagaimana strategi bauran pemasaran pariwisata di kabupaten Lombok utara.(b)Faktor-faktor apa saja yang menjadi kekuatan,kelemahan,ancaman dan peluang pengembangan pariwisata di kabupaten Lombok Utara (c) Untuk merumuskan strategi pengembangan pariwisata di Kabupaten Lombok Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mencoba mencari gambaran dan strategi pemasarn pariwisata yang sesuai di kabupaten Lombok utara (KLU). Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif dan SWOT Analisys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor strategi internal (kekuatan) yang memiliki kekuatan utama adalah Keunikan di tempat wisata, Faktor strategi internal (Kelemahan) yang memiliki kelemahan yang utama adalah Faktor Palayanan kepada wisatawan di kawasan wisata, Peluang utama pariwisata KLU adalah Letak daerah wisata yang strategis, Faktor strategi Eksternal (Ancaman) yang memiliki ancaman utama adalah Persaingan pariwisata yang semakin ketat, Strategi pengembangan pariwisata di KLU adalah Dinas pariwisata kabupaten Lombok utara (KLU) harus sering mengadakan iven-iven pariwisata di kabupaten Lombok utara (KLU) dan mengikuti ivent promosi di dalam dan diluar negeri.
References
Begum & Sarker. “Marketing Strategies For Tourism Industry In Bangladesh: Emphasize On Niche Market Strategy For Attracting Foreign Tourists”, Journal of Arts, Science & Commerce .E-ISSN 2229-4686.ISSN 2231-4172. 2013
Gustavo. Marketing Management Trends in Tourism and Hospitality Industry: Facing the 21st Century Environment. International Journal of Marketing Studies; Vol. 5, No. 3; 2013,ISSN 1918-719X E-ISSN 1918-7203
Kotler,Philip.1997. Marketing Management, 9 Ed. Prentice-Hall, Inc. New York
Kuncoro,Mudrajad.2003. Metode Riset Untuk Ekonomi dan Bisnis.Erlangga.Jakarta
Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Kepariwisataan. Alpabeta Bandung.
Magatep.“The Impact of Tourism Marketing Mix Elements on the Satisfaction of Inbound Tourists to Jordan” International Journal of Business and Social Science . Vol. 6, No. 7; July 2015
Pitana, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. CV Andi Offset: Yogyakarta
Pendit, Nyoman. 1999. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. PT. Pradnya Paramita. Jakarta
Purnomo (2009). Strategi Pemasaran Produk Wisata Minat Khusus Goa Cerme, Imogiri, Bantul”.Jurnal Karisma Vol.3(2): 99-112,2009
Rangkuti, Fredi. 2002. Analisis SWOT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
____________.2006. Measuring Costumer Satisfaction. Edisi ketiga. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Suwantoro, Gamal, 1997. Dasar-dasar Pariwisata. ANDY. Yogyakarta
Spillane. James. 1994. Pariwisata Indonesia : Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Kanisius. Yogyakarta.
Sharpley. 1994. Tourism, Tourism and Socciety. Huntingdom: ELM Publication
Soekadijo, R. G, 1997. Anatomi Pariwisata : Memahami Pariwisata Sebagai Sistem Linkage. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Simamora, Bilson. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen.Edisi Ketiga. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Umar,Husain.2001. Studi kelayakan Bisnis. Edisi 2, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.Jakarta
___________. 2003. Business an Introduction. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Vellas & Becherel.1999.. The international marketing of travel and tourism,”Astrategic approach” Macmilan press
Wu & Zhang. Research on the Tourism Effect and Marketing Strategy of Convention & Exposition Industry: A Case Study of Shenzhen City of China. Journal of Service Science and Management, 2013, 6, 151-159
Yoeti, Oka,A 1997. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. PT. Pradnya Paramita. Jakarta.
Yoeti, Oka, A. 2006. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung, Angkasa.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal AKURASI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal AKURASI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.