ETIKA BISNIS PEDAGANG BUAH BUAHAN DAN KESEJAHTERAAN DILIHAT DARI PERSPEKTIF ISLAM DI DESA SESAOT KABUPATEN LOMBOK BARAT

  • Lalu Dema Arkandia Universitas Mataram
  • Jalaludin Universitas Mataram
  • Mustain Universitas Mataram
Keywords: Etika Bisnis, Pedagang buah, Kesejahteraan Islami

Abstract

Untuk mengetahui jenis buah dan sumber buah-buahan yang diperdagangkan;  untuk menganalisis Etika Bisnis dan kesejahteraan Pedagang  ditinjau dari Perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini dilakukan di Desa Sesaot Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena meneliti realitas, fenomena atau gejala yang bersifat holistik/utuh, kompleks, dinamis dan penuh makna. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam. Penetapan informan menggunakan teknik ”purposive” dan ”snowball”. Tahapan analisis data  meliputi reduksi, display data dan  menyusun  kesimpulan. Kesimpulan penelitian i. Jenis buah yang diperdagangkan dikelompokkan menjadi enam kelompok yaitu: buah  pisang, pepaya, alpokat,  durian, rambutan dan buah lainnya (manggis, duku, mangga, ceruring nangka dll). Sumber buah yang diperdagangkan, umunya berasal dari kebun milik masyarakat, dari desa desa di sekitarnya, dari Kabupaten Lombok Utara serta dari kegiatan Hutan Kemasyarakatan yang ada di kawasan hutan Sesaot. ii. Dari kajian terhadap etika bisnis Islam,  sebahagian besar pedagang sudah menerapkan etika bisnis islami, sebahagiannya lagi belum sepenuhnya menerapkan etika bisnis islami misalnya tidak jujur dalam berjualan,  dan tidak mampu  membangun hubungan yang baik dengan pembeli. iii. Dari kajian kesejahteraan pedagang, semua pedagang telah mampu memenuhi kebutuhan dharuriyatnya dan telah mendapatkan kehidupan yang baik (hayaatan tayyibah) dan telah qana’ah,  meskipun hidup dalam kesederhanaan.

References

___________, Departeman Perdagangan Republik Indonesia, Peraturan Mentri Perdagangan Republik Indonesia, Nomor 70/M-DAG/Per/12/2013 Tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Moderen, Jakarta.
Arianti, Nel, 2013, Analisis Perbedaan Pasar Moderen dan Pasar Tradisional Ditinjau dari Segi Letak (lay out) dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Posisi Tawar Pasar Tradisional, JURNAL Menejemen & Bisnis Vol. 13, 01 APRIL 2013.
Agustianto, 2008, Revitalisasi Perdagangan Syari’ah, Makalah.
Aziz, Abdul. 2013. Etika Bisnis Perspektif Islam. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Djakfar Muhammad, 2008 “Etika dan Praksis, Penerbit UIN Malang Press, Malang. Bisnis Islam Tataran Teoritis
Faisal Badroen, 2006 “Etika Bisnis Dalam Islam” Cetakan I, Penerbit Kencana, Jakarta.
Hulaimi, Ahmad, 2017, Etika Bisnis dan Dampaknya terhadap Kesejahteraan Pedagang Sapi, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 1 No. 2 Tahun 2017.
Huzaini, Moh.Dkk, 2019, Etika Bisnis Pedagang Muslim Dilihat dari Perspektif Islam dan Dampaknya terhadap Kesejahteraan Pedagang di Pasar Tradional Kota Mataram. Jurnal LENTERA Volume 18 No.2 September 2019.
Ibadurrahman, 2005 “Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Etika Bisnis Usaha Kecil di Kota Mataram” STAIN, Mataram, Skripsi
Jasman dan Rini Agustin, 2018, Strategi Pemasaran Sayur Sayuran di dalam Perspektif Ekonomi Islam : Studi kasus di Pasar tradisional Raman Utara, Jurnal KHOZANA, Vol.1, No. 1, Januari 2018 E-ISSN :2614-8625
Kasmir, 2010 “Kewirausahaan”, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Khalid Abjadi (2016) ”Etika Bisnis Jual Beli Pakaian Bekas dilihat dari segi Perspektif Ekonomi Islam di Pasar Karang Sukun Kota Mataram”, Fakultas Ekonomi Universitas Mataram, Skripsi
Mashud, 2011 “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pakaian Bekas” UIN Sunan Ampel Surabaya, Skripsi.
Moleong, J. Lexy, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi, Revisi, Penebit Remaja Rosdakarya, Bandung
Mustafa, Hasan 2011, Perilaku Manusia Dalam Perspektif Pikologi Sosial.Jurnal Administrasi Bisnis Vol.7 No.2 : hal. 143-156.
Mustaq Ahmad, 2003. Etika Bisnis dalam Islam. Terjemahan Samon Rahman Penerbit Pustaka Al-Kautsar, Jakarta Timur.
Qardhawi, Yusuf. 1997, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Gema Insani Press, Jakarta.
Rahmawati, Dwisara Ajeng dkk, 2017, Modal Sosial dan Pasar Tradisional (Studi Kasus) di Pasar Legi Kotagede Yogjakarta), Jurnal Sosiologi DILEMA, Vol. 32, No.2 Tahun 2017.
Sudiana, Nana, 2009. Perdagangan dan Jual Beli dalam Kacamata al-Qur’an, Makalah.
Taufiq, 2016. Etika Perdagangan Dalam Al-Qur’an. Al-Muamalat Jurnal Hukum Ekonomi Syari’ah Vol. III, No.01. Tahun 2016.
Waldelmi, Idel dan Afvan Aquino, Analisis Penerapan Transaksi JuaL Beli Syari’ah di Pasar Syari’ah Ulul, Albab Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kampar Riau, Jurnal Inovasi dan Bisnis 6 (2018) 1-7.
Published
2022-11-02
How to Cite
Arkandia, L. D., Jalaludin, & Mustain. (2022). ETIKA BISNIS PEDAGANG BUAH BUAHAN DAN KESEJAHTERAAN DILIHAT DARI PERSPEKTIF ISLAM DI DESA SESAOT KABUPATEN LOMBOK BARAT. Journal of Economics and Business, 8(2), 318-337. https://doi.org/10.29303/ekonobis.v9i2.120

Most read articles by the same author(s)