ETIKA BISNIS PEDAGANG BUAH BUAHAN DAN KESEJAHTERAAN DILIHAT DARI PERSPEKTIF ISLAM DI DESA SESAOT KABUPATEN LOMBOK BARAT
Abstrak
Untuk mengetahui jenis buah dan sumber buah-buahan yang diperdagangkan; untuk menganalisis Etika Bisnis dan kesejahteraan Pedagang ditinjau dari Perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini dilakukan di Desa Sesaot Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena meneliti realitas, fenomena atau gejala yang bersifat holistik/utuh, kompleks, dinamis dan penuh makna. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam. Penetapan informan menggunakan teknik ”purposive” dan ”snowball”. Tahapan analisis data meliputi reduksi, display data dan menyusun kesimpulan. Kesimpulan penelitian i. Jenis buah yang diperdagangkan dikelompokkan menjadi enam kelompok yaitu: buah pisang, pepaya, alpokat, durian, rambutan dan buah lainnya (manggis, duku, mangga, ceruring nangka dll). Sumber buah yang diperdagangkan, umunya berasal dari kebun milik masyarakat, dari desa desa di sekitarnya, dari Kabupaten Lombok Utara serta dari kegiatan Hutan Kemasyarakatan yang ada di kawasan hutan Sesaot. ii. Dari kajian terhadap etika bisnis Islam, sebahagian besar pedagang sudah menerapkan etika bisnis islami, sebahagiannya lagi belum sepenuhnya menerapkan etika bisnis islami misalnya tidak jujur dalam berjualan, dan tidak mampu membangun hubungan yang baik dengan pembeli. iii. Dari kajian kesejahteraan pedagang, semua pedagang telah mampu memenuhi kebutuhan dharuriyatnya dan telah mendapatkan kehidupan yang baik (hayaatan tayyibah) dan telah qana’ah, meskipun hidup dalam kesederhanaan.
Referensi
Arianti, Nel, 2013, Analisis Perbedaan Pasar Moderen dan Pasar Tradisional Ditinjau dari Segi Letak (lay out) dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Posisi Tawar Pasar Tradisional, JURNAL Menejemen & Bisnis Vol. 13, 01 APRIL 2013.
Agustianto, 2008, Revitalisasi Perdagangan Syari’ah, Makalah.
Aziz, Abdul. 2013. Etika Bisnis Perspektif Islam. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Djakfar Muhammad, 2008 “Etika dan Praksis, Penerbit UIN Malang Press, Malang. Bisnis Islam Tataran Teoritis
Faisal Badroen, 2006 “Etika Bisnis Dalam Islam” Cetakan I, Penerbit Kencana, Jakarta.
Hulaimi, Ahmad, 2017, Etika Bisnis dan Dampaknya terhadap Kesejahteraan Pedagang Sapi, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 1 No. 2 Tahun 2017.
Huzaini, Moh.Dkk, 2019, Etika Bisnis Pedagang Muslim Dilihat dari Perspektif Islam dan Dampaknya terhadap Kesejahteraan Pedagang di Pasar Tradional Kota Mataram. Jurnal LENTERA Volume 18 No.2 September 2019.
Ibadurrahman, 2005 “Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Etika Bisnis Usaha Kecil di Kota Mataram” STAIN, Mataram, Skripsi
Jasman dan Rini Agustin, 2018, Strategi Pemasaran Sayur Sayuran di dalam Perspektif Ekonomi Islam : Studi kasus di Pasar tradisional Raman Utara, Jurnal KHOZANA, Vol.1, No. 1, Januari 2018 E-ISSN :2614-8625
Kasmir, 2010 “Kewirausahaan”, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Khalid Abjadi (2016) ”Etika Bisnis Jual Beli Pakaian Bekas dilihat dari segi Perspektif Ekonomi Islam di Pasar Karang Sukun Kota Mataram”, Fakultas Ekonomi Universitas Mataram, Skripsi
Mashud, 2011 “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pakaian Bekas” UIN Sunan Ampel Surabaya, Skripsi.
Moleong, J. Lexy, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi, Revisi, Penebit Remaja Rosdakarya, Bandung
Mustafa, Hasan 2011, Perilaku Manusia Dalam Perspektif Pikologi Sosial.Jurnal Administrasi Bisnis Vol.7 No.2 : hal. 143-156.
Mustaq Ahmad, 2003. Etika Bisnis dalam Islam. Terjemahan Samon Rahman Penerbit Pustaka Al-Kautsar, Jakarta Timur.
Qardhawi, Yusuf. 1997, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Gema Insani Press, Jakarta.
Rahmawati, Dwisara Ajeng dkk, 2017, Modal Sosial dan Pasar Tradisional (Studi Kasus) di Pasar Legi Kotagede Yogjakarta), Jurnal Sosiologi DILEMA, Vol. 32, No.2 Tahun 2017.
Sudiana, Nana, 2009. Perdagangan dan Jual Beli dalam Kacamata al-Qur’an, Makalah.
Taufiq, 2016. Etika Perdagangan Dalam Al-Qur’an. Al-Muamalat Jurnal Hukum Ekonomi Syari’ah Vol. III, No.01. Tahun 2016.
Waldelmi, Idel dan Afvan Aquino, Analisis Penerapan Transaksi JuaL Beli Syari’ah di Pasar Syari’ah Ulul, Albab Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kampar Riau, Jurnal Inovasi dan Bisnis 6 (2018) 1-7.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal AKURASI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal AKURASI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.