Persepsi Dan Sikap Masyarakat Santri Terhadap Bank Syari’ah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan persepsi dan sikap masyarakat muslim, hususnya masyarakat santri terhadap bank syariah, cara mereka mengelola keuangannya dan faktor-faktor yang mendorong dan menyebabkan mereka memilih atau tidak memilih bank syariah, diharapkan dapat memberikan rekomendasi khususnya kepada pengembangan bank syariah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif untuk menerangkan fenomena dari dua kelompok masyarakat santri yaitu yang menjadi pelanggan bank syariah dan yang belum menjadi pelanggan bank syariah. Investigasi data dan wawancara mendalam telah dilakukan untuk mencapai tujuan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat santri Lombok Timur terhadap prinsip-prinsip dasar bank syariah adalah positif. Dalam manajemen keuangannya, sejumlah masyarakat muslim juga menggunakan lembaga keuangan lain untuk menabung, meminjam uang dan jasa-jasa keuangan dan perbankan lainnya. Alasan utama masyarakat muslim memilih bank syariah adalah ketaatan pada syariah Islam, keamanan, dan kedekatan dengan tempat tinggal mereka. Sedangkan faktor utama masyarakat muslim yang tidak memilih bank syariah adalah ketiadaan bank syariah di sekitar masyarakat muslim, lokasi lembaga keuangan lain yang lebih strategis, periklanan dan hadiah
References
Amin Aziz M, 1992, Mengembangkan Bank Islam di Indonesia, Buku 1, Acuan untuk Da’i dan Muballigh, Bangkit Jakarta
Athar, H. S., Basuki, P., & Santoso, B. (2021). The Analysis of Customer Satisfaction Post Covid-19. In 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020) (pp. 497-501). Atlantis Press.
-----------------, 1992, Mengembangkan Bank Islam di Indonesia, Buku 2, Acuan untuk Para Praktisi Perbankan, Pakar, Mahasiswa dan Umum, Bangkit Jakarta.
Antonio Syafii Muhammad, 1997, Bisnis dan Perbankan dalam Perspektif Islam, Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Bank Syari’ah (LPBS) Jakart.
----------------, 1999, Bank Syari’ah Bagi Bankir dan Praktisi keuangan, Tazkia Institut dan Bank Indonesia (BI) Jakarta.
Arifin Zainul, 1999, Memahami Bank Syariah: Lingkup, Peluang dan Prospek, ALVABET, Jakarta.
Erol, Cengiz & Radi El-Bdour, Attitudes, Behavior and Patronage Factors of Bank Customer towards Islamic Bank. International Journal Banking Management, 7, 6, 1992,
Gibson, Ivancevich & Donnelly, Organisasi, Perilaku – Struktur – Proses, Edisi kedelapan, Binarupa Aksara, Jakarta, 1996.
Hidayat, Ali Akbar, Muaidy Yasin,and Akhmad Jufri. 2021.“Influence of Muslim-Friendly Facilities, Prices, and Locations On Decisions to Stay At Three And Four-Star Hotels In Mataram City.”American Journal of Humanities and Social Sciences Research5(1): 416–424.
Karim Adiwarman A. 2000, Perbankan Syari’ah, Peluang, Tantangan dan Strategi Pengembangan, Muamalat Institut Jakarta.
Raba Manggaukang, 2006, Metodologi Penelitian, Pedati Pasuruan Jatim.
Robbins, Stephen P., Teori Organisasi, Struktur, Desain & Aplikasi, Edisi 3, Penerbit Arcan, Jakarta, 1994.
Rojabi, S. H., Saufi, A., & Diswandi, D. (2020). Developing Zero Waste Halal Tourism Community in Lombok. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 194-205.
Syahrial, Alfi W, Ning, Nina M, Mukhlisina, Persepsi Nasabah terhadap Bank Syariah, Modal, Bisnis Inspirasi berkeadilan, No. 17/ II- Maret 2004, PT Modal Multimedia Jakarta
Yasin, M., & Surati, L. E. H. (2021). Does Product Knowledge Affect Intention To Use Islamic Banking? The Role of Corporate Image, Product Quality, and Religiosity. Journal of Southwest Jiaotong University, 56(2).
Copyright (c) 2022 Jalaludin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal AKURASI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal AKURASI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.