Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi IESP (Studi Kasus Pada Mahasiswa IESP universitas Mataram)

  • Akung Daeng Universitas Mataram
  • Ihsan Rois Universitas Mataram

Abstrak

Perkembangan pendidikan di Nusa tenggara barat telah menunjukkan peningkatan yang cukup baik, peningkatan ini terlihat dari keinginan masyarakat untuk menempuh pendidikan yang lebih terutama pendidikan sarjana. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui faktror-faktor yang menjadi pertimbangan mahasiswa dalam memilih Program Studi IESP FEB Universitas Mataram.Tujuan penelitian adalah (a) Untuk mengetahui Faktror-faktor apa yang menjadi pertimbangan mahasiswa dalam memilih Program Studi IESP FEB Universitas Mataram ,(b) Untuk mengetahui Faktor apa yang menjadi pertimbangan utama  mahasiswa dalam memilih Program Studi IESP FEB Universitas Mataram. Metode pengumpulan data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menyebar kuesioner Mahasiswa Program Studi IESP FEB Universitas Mataram dengan jumlah 100 mahasiswa, untuk menguji kualitas dan keabsahan data kuesioner digunakan uji Realibilitas dan uji Validitas data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa factor yang menjadi pertimbangan dalam Memilih Prodi IESP saat Tes Masuk Universitas Mataram diantaranya Karena pada jurusan Tersebut kita Bisa mempelajari dan Mendapatkan kemampuan Untuk menganalisis dan Menyiapkan strategi untuk mengatasi permasalahan Pembangunan Ekonomi Dimasa Depan, Karena mencakup pembahasan yang sangat luas mengenai kondisi perekonomian regional maupun internasional, serta dapat mengetahui pembangunan ekonomi dan ilmu ekonomi pembangunan.

Referensi

Brahmana.2010. Perbedaan Dalam Mempertimbangkan Faktor-Faktor pengambilan Keputusan Pemilihan Jurusan Di Perguruan tinggi Pada Remaja Akhir Yang Mempersepsikan Dirinya diasuh Dengan Pola Asuh Yang Berbeda. https://www.coursehero.com/file/74596611/5-KarinaBrahmanadoc/
Hidayat,Andri.2010.Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Proses Keputusan Konsumen Dalam Memilih Kafe Di Kota padang (studi kasus pada Mahasiswa S-1 Universitas Andalas). http://repo.unand.ac.id/id/eprint/1269
Kotler & Keller .2013. Marketing Management .Edisi 15 Global Edition. New York.
Kotler.1994. Marketing Management . Global Edition. New York.
Kuncoro,Mudrajad.2003. Metode Riset Untuk Ekonomi dan Bisnis.Erlangga.Jakarta.
Samboro,2012.Pengaruh People, Process Dan Physical Evidence Terhadap Loyalitas Melalui Keputusan Mahasiswa Memilih Politeknik Negeri Malang. https://www.semanticscholar.org/paper/PENGARUH-PEOPLE%2C-PROCESS-DAN-PHYSICAL-EVIDENCE-Samboro/0719567885bb07116d45ed4a8220bc57f9841e06
Diterbitkan
2022-03-31