Tracer Studi Dan Relevansi Kurukulum Konsentrasi Hotel Dan Restoran Terhadap Pasar Tenaga Kerja Alumni D3 Pariwisata Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram

  • Hadi Mahmudi Universitas Mataram
  • Satarudin Universitas Mataram
  • Muhammad Alwi Universitas Mataram

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kesesuaian kurikulum pada konsetrasi Hotel dan Restaurant Program Studi D3 Pariwisata terhadap kebutuhan keahlian pada pasar tenaga kerja di bidang pariwisata dan mengetahui mata kuliah apakah pada Konsentrasi Hotel dan Restaurant D3 pariwisata diperlukan penyesuaian dengan kebutuhan keahlian pada pasar tenaga kerja di bidang pariwisata. Tekhnik analisis yang digunakan adalah analisis deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Output yang akan dihasilkan dalam penelitian ini adalah adanya relevansi kurikulum dengan kebutuhan akan pasar tenaga kerja yang akan meningkatkan permintaan tenaga kerja alumni konsentrasi Hotel dan Restoran D3 pariwisata FEB Unram.

Hasil penelitian memberikan gambaran tentang tanggapan pengguna alumni dan relevansi kurikulum Program D III Pariwisata Konsentrasi Hotel dan Restoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram sesuai dengan kelompok matakuliah adalah sebagai berikut: Pihak pengguna mengatakan bahwa kemampuan alumni secara umum masih dibawah standar rata-rata kompetensinya. Pihak mahasiswa yang melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) mengatakan relevansi kurikulum berdasarkan kelompok matakuliah terhadap pasar tenaga kerja yaitu: Kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK) mempunya relevansi yang cukup terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja, Kelompok mata kuliah keahlian berkarya (MKB) mempunyai relevansi kurang terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja, Kelompok matakuliah perilaku berkarya (MPB) mempunyai relevansi kurang terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja, Kelompok matakuliah berkehidupan bermasyarakat (MBB) mempunyai relevansi kurang terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja. Berdasarkan hasil pembahasan dapat diberikan solusi sebagai berikut: Berkaitan dengan keahlian berdasarkan bidang ilmu atau kompetensi utama dilakukan rekontruksi kurikulum dan peningkatan kualitas proses belajar mengajar, terutama sarana dan prasarana laboratoriumnya dilengkaapi. Berkaitan dengan keahlian berdasarkan integritas, komunikasi dan kerjasama tim  mahasiswa perlu ditingkatkan soft skillnya dengan cara mahasiswa didorong untuk mengikuti kegiatan exktra kurikuler yang diminati.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Referensi

Anonim. 2007. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. ed181 pertama. Jakarta
Salsabila.Sari.2013. Relevansi Kurikulum Jurusan Kupkulum Dan Teknologi Pendidikan Dengan Dunia Kerja (Studi Kasus Guru Tik . Dinas Pendidikan, dan LembagaDiklat). Skripsi UNS Semarang
Schomburg. Harald (2003). Handbook for Graduate Tracer Study. Mocnchebergstrasse Kassel. Germany: Wissenschafthches Zentrum m: Bemfsund Hochschulforschung. Universitéit Kassel
Sugiyono. 2005.Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta
Universitas Mataram. 2010. Kurikulum 2010. Mataram: UNRAM Press UNRAM.
Diterbitkan
2020-03-25