EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK REKLAME TERHADAP PAD (PENDAPATAN ASLI DAERAH) KOTA MATARAM

  • Aora Savira Universitas Mataram
  • Prayitno Basuki Universitas Mataram
  • Muhammad Firmansyah Universitas Mataram
Keywords: Pajak Raklame, Pajak Daerah, Efektivitas, Kontribusi

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas dan kontribusi pajak reklame terhadap Pe``ndapatan Asli Daerah (PAD) Kota Mataram selama 5 (lima) tahun terakhir yaitu 2018 sampai dengan 2022. Dengan memfokuskan pada penerimaan pajak reklame apakah sudah memberikan kontribusinya tehadap Pendapatan Asli Daerah Kota Mataram.. Penelitian ini merupakan Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Dengan pendekatan ini peneliti menggali informasi secara alamiah tentang pajak reklame di kota Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat efektivitas pajak reklame Kota Mataram termasuk dalam kategori efektif dengan rata-rata dari tahun 2018 hingga 2022 yaitu sebesar 98,39%, penerimaan pajak reklame dari tahun 2018-2022 selalu mencapai target yang telah ditetapkan. Hal itu berkaitan dengan kebijakan yang telah dilakukan Pemda sudah berjalan cukup baik. Sehingga kemampuan realisasi target pemerimaan pajak reklame di kota Mataram sudah dapat dikatakan efektif karena dilihat dari tercapainya persentase rata- rata efektivitas pajak reklame dalam periode 5 tahun terakhir yang mendekati angka 100%. Sedangkan untuk Kontribusi pajak reklame terhadap pajak daerah termasuk dalam kategori sangat kurang dengan rata-rata dari tahun 2018 hingga 2022 kurang dari 10%, yaitu sebesar 1,15%. Hal ini tejadi karena kecilnya penerimaan pajak reklame jika dibandingkan dengan pendapatan asli daerah Kota Mataram. Penerimaan pajak reklame di Kota Mataram belum mencapai optimalitasnya, yang dapat disebabkan oleh minimnya partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak reklame.

References

Abdul Halim. 2010. “Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Desa (PAD) terhadap Belanja Pemerintah Daerah: Studi Kasus Kabupaten/Kota Di Jawa Dan Bali”. Simposium Nasional Akuntansi VI.

Abdul Halim. 2011. “Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Desa (PAD) terhadap Belanja Pemerintah Daerah: Studi Kasus Kabupaten/Kota Di Jawa Dan Bali”. Simposium Nasional Akuntansi VI.

Badan Keuangan Daerah Kota Mataram. 2022. Profil Badan Keuangan Daerah Kota Mataram

. Mataram

Erfitria. 2014. Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Jakarta: Erlangga. Jones, R.& M. Pendlebury. (2010). Public Sector Accounting. Sixth Edition. England: Pearson Education Limited.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Rahayu, S. K. 2010. Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siahaan, Marihot Pahala (2013). Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Edisi Revisi, Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Published
2024-09-30
How to Cite
Savira, A., Basuki, P., & Firmansyah, M. (2024). EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK REKLAME TERHADAP PAD (PENDAPATAN ASLI DAERAH) KOTA MATARAM . Journal of Economics and Business, 10(2), 67-86. https://doi.org/10.29303/ekonobis.v10i2.188