Analisis Penelusuran Alumni (Tracer Study) Pada Pengguna Alumni Program Studi Iesp Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram Lulusan Tahun 2014-2019
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Bagaimana kesesuaian keilmuan dan skill yang diperoleh di program studi IESP dengan tuntutan keahlian lulusan dengan dunia kerja alumni jurusan IESP, 2) Bagaimana tanggapan pengguna alumni IESP terhadap keahlian alumni IESP di dunia kerja. Metode penelitian dalam penelitian ini dilakukan dengan deskriptif evaluatif. Subjek penelitian adalah pengguna alumni dan lulusan Jurusan IESP Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram tahun 2014-2019 sebanyak 100 orang alumni. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk memberi gambaran relevansi keahlian alumni yang didapat pada program studi IESP dengan keahlian di dunia kerja pada alumni program studi IESP.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Alumni IESP menumpuh masa studi dalam jangka waktu 4 tahun sebanyak 71% alumni, hal ini berarti masa studi mahasiswa di jurusan IESP sebagian besar tepat pada waktu dan menjadi keberhasilan bagi program studi dalam mengelola jurusan IESP dan untuk masa tunggu alumni IESP untuk mendapatkan pekerjaan relatif singkat yaitu kurang dari 6 bulan sebanyak 76% alumni,. Penilaian pengguna alumni terhadap kinerja lulusan (alumni) program studi IESP dimana kinerja alumni yang paling tinggi menurut pengguna alumni yang memberikan nilai sangat baik (SB) adalah Komunikasi Alumni oleh alumni sebanyak 26% pengguna, sedangkan pengguna yang memberikan nilai baik (B) tertinggi untuk Penggunaan IT Alumni dengan nilai baik (B) sebanyak 82%
References
Mariyanti,1998, Penelusuran kesesuaian program studi dengan bidang pekerjaan para lulusan fakutas ekonomi Universitas Trisaksi jurusan ekonomi pembangunan tahun 1997/1998.FE-Univeritas Trisaksi.Jakarta.
Suharti & Laksono,2012, “Studi penelusuran terhadap alumni program studi manajemen fakultas ekonomika dan bisnis universitas Kristen satya wacana”. FEB-Universitas Kristen Satya Wacana.Jogjakarta.
Soemantri,Dkk (2010) Dengan Judul “Kajian Relevansi Lulusan Jurusan Pendidikan Geografi UNY Tahun 2005 – 2009”,Universitas Negeri Yogyakarta.
Salsabila,Sari, 2013, Relevansi Kurikulum Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Dengan Dunia Kerja (Studi Kasus Guru Tik, Dinas Pendidikan, Dan Lembaga Diklat). Skripsi UNS Semarang
Schomburg, Harald (2003). Handbook for Graduate Tracer Study. Moenchebergstrasse Kassel, Germany: Wissenschaftliches Zentrum für Berufs- und Hochschulforschung, Universität Kassel
Sugiyono. 2005.Statistik untuk Penelitian.Bandung: CV Alfabeta
Universitas Mataram. 2010. Kurikulum 2010. Mataram: UNRAM Press
Universitas Mataram. (2010 – 2013) Buku Wisuda, Universitas Mataram
Copyright (c) 2021 Akung Daeng, Ihsan Rois, Ade Paranata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal AKURASI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal AKURASI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.