Studi Pelacakan Kinerja Lulusan Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian untuk menganalisis 1). Bagaimana gambaran lulusan alumni IESP (lama kuliah Alumni IESP, Masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan pertama), 2) Bagaimana Evaluasi kinerja lulusan oleh pihak pengguna pada jurusan IESP fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Mataram.
Metode penelitian dalam penelitian ini dilakukan dengan deskriptif evaluatif. Subjek penelitian adalah lulusan Jurusan IESP Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram tahun 2011-2016 sebanyak 100 orang alumni. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk memberi gambaran yang berkaitan dengan lulusan atau alumni jurusan IESP Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Penilaian pengguna alumni terhadap kinerja lulusan (alumni) program studi IESP dimana kinerja alumni yang paling tinggi menurut pengguna alumni yang memberikan nilai baik (B) adalah profesionalisme alumni sebanyak 22 orang (73%), sedangkan pengguna yang memberikan nilai sangat baik (SB) tertinggi untuk Integritas 37% dan penggunaan IT oleh alumni sebanyak 11 orang (37%) alumni dinilai Sangat baik (SB) sedangkan kinerja alumni yang paling rendah menurut pengguna adalah keahlian bahasa inggris alumni dengan nilai cukup (C) sebanyak 50% alumni dan nilai kurang (K) sebanyak 4 orang(4%).
References
Mariyanti,1998, Penelusuran kesesuaian program studi dengan bidang pekerjaan para lulusan fakutas ekonomi Universitas Trisaksi jurusan ekonomi pembangunan tahun 1997/1998.FE-Univeritas Trisaksi.Jakarta.
Suharti & Laksono,2012, “Studi penelusuran terhadap alumni program studi manajemen fakultas ekonomika dan bisnis universitas Kristen satya wacana”. FEB-Universitas Kristen Satya Wacana.Jogjakarta.
Soemantri,Dkk (2010) Dengan Judul “Kajian Relevansi Lulusan Jurusan Pendidikan Geografi UNY Tahun 2005 – 2009”,Universitas Negeri Yogyakarta.
Salsabila,Sari, 2013, Relevansi Kurikulum Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Dengan Dunia Kerja (Studi Kasus Guru Tik, Dinas Pendidikan, Dan Lembaga Diklat). Skripsi UNS Semarang
Schomburg, Harald (2003). Handbook for Graduate Tracer Study. Moenchebergstrasse Kassel, Germany: Wissenschaftliches Zentrum für Berufs- und Hochschulforschung, Universität Kassel
Sugiyono. 2005.Statistik untuk Penelitian.Bandung: CV Alfabeta
Universitas Mataram. 2010. Kurikulum 2010. Mataram: UNRAM Press
Universitas Mataram. (2010 – 2013) Buku Wisuda, Universitas Mataram
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal AKURASI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal AKURASI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.