MODEL SOLUSI STRATEGIS TATA KELOLA PEKERJA MIGRAN

  • Jalaluddin Universitas Mataram
Keywords: Buruh migrant, solusi strategis

Abstract

Mobilitas dan migrasi pekerja yang terjadi di negara-negara berkembang merupakan suatu strategi untuk memper-tahankan kelangsungan hidup rumah tangga. Fenomena baru yang kemudian muncul di perdesaan, menjadi harapan baru bagi masyarakat lapisan bawah dan menengah di perdesaan dalam menjawab tantangan hidup yang dihadapi dengan bekerja sebagai buruh migrant dan mengirim sebagian besar gajinya dalam bentuk remitansi ke desa asal. Studi ini mencoba untuk memotret persoalan- persoalan sekitar pekerja migran dan sekaligus memformulasikan model solusi strategis bagi penangan masalah tersebut terutama yang terkait dengan fungsi dasar keluarga sebagai dampak migrasi para buruh migrant. Studi ini menggunakan pendekatan Rapid Assessment Procedure (RAP) yaitu teknik pengumpulan data kualitatif untuk tujuan-tujuan praktis bagi pengambilan keputusan intervensi atau perbaikan program melalui pencarian informasi secara cepat. Temuan awal studi menunjukkan bahwa fenomena migrasi Internasional berimplikasi pada perubahan struktur keluarga akibat dari tidak adanya ‘suami atau istri’ selaku penanggungjawab urusan keluarga maupun ‘ayah atau ibu’ untuk anak-anak. Ketidakhadiran ‘isteri’ sebagai pendamping suami dan ‘ibu’ bagi anak-anak untuk jangka waktu cukup lama akan berdampak pada terganggunya pembagian peran dalam pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga. Kondisi seperti ini akan menghambat terwujudnya keluarga berkualitas dan mengancam ketahanan keluarga dalam jangka panjang.

References

Agustinus Yoga Primantoro. Penempatan Pekerja Migran Indonesia 2023, https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/12/29/penempatan-pekerja-migran-indonesia-2023
Dharmawan A. 2016. Sistem penghidupan dan nafkah perdesaan pandangan sosiologi nafkah (livelihood sociology) mahzab barat dan mahzab Bogor [ID]. Sodality: Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia. Vol. 01 (02).
Badan Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), 2023, Data penempatan dan perlindungan pekerja migran Indonesia tahun 2023, https://www.bp2mi.go.id/uploads/statistik/images/data_08-08-2023_Laporan_Publikasi_Bulan_Juli_2023_merged.pdf
Effendi TN. 2021. Mobilitas pekerja, remitan dan peluang berusaha di perdesaan. Dalam: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 8 (2): 218-222.
Effendi, T.N. 2018. Mobilitas Pekerja, Remitan dan Peluang Berusaha di Pedesaan. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Volume 8, Nomor 2, Nop. 2014 (213-230).
Goble, F.G. Mazhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow (Yogyakarta: Kanisius, 2016), hal. 71-77.
Hartanto, W., S. Hadinoto, U.K. Kurniawan, S. Purwaningsi, L. Widyastuti, A. Amin dan D. Setyawan. 2015. Pengembangan Model Solusi Strategis Dampak Mobilitas TKI ke Luar Negeri Terhadap Keluarga yang Ditinggalkan: Studi Kasus di Kabupaten Indramayu. Direktorat Analisis Dampak Kependudukan. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.
Khotijah, S. 2018. Analisis Faktor Pendorong Migrasi Warga Klaten ke Jakarta. Tesis. Semarang: Fakultas Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Program Pascasarjana, Universitas Diponegoro.
Published
2024-04-09
How to Cite
Jalaluddin. (2024). MODEL SOLUSI STRATEGIS TATA KELOLA PEKERJA MIGRAN. Journal of Economics and Business, 10(1), 99-122. https://doi.org/10.29303/ekonobis.v10i1.164