PENGARUH PENGELOLAAN DANA DESA TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA PRINGGASELA SELATAN

  • Ilham Nisfian Universitas Mataram
  • Putu Karismawan Universitas Mataram
  • Siti Sriningsih Universitas Mataram
Keywords: Pengelolaan Dana Desa, Kesejahteraan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pengelolaan Dana Desa terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat di Desa Pringgasela Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif.Populasi dalam penelitian ini seluruh Kepala Keluarga yang ada di Desa Pringgasela Selatan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 95 KK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan menyebarkan kusioner yang berisi pertanyaan tentang Pengelolaan Dana Desa dan Kesejahteraan Masyarakat. Alat analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Sederhana. Hasil analisis data menunjukan bahwa; 1) Pengolaan Dana Desa berpengaruh terhadap tingkat Kesejahteraan Masyarakat di Desa Pringgasela Selatan. Artinya apabila Pengelolaan Dana Desa baik maka tingkat Kesejahteraan Masyarakat juga ikut meningkat.

References

Badan Pusat Statistik Lombok Timur. (2021). Jumlah Penduduk Di Desa Pringgasela Selatan.
Borni Kurniawan. (2015) Desa Mandiri, Desa Membangun, Jakarta: Kementerian desa, pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.
Borni Kurniawan. (2018). Pengembangan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Dalam Penataan Administrasi Pemerintahan Desa Berbasis Teknologi Informasi (E-Government).
Fathony. (2019). Pengaruh Alokasi Dana Desa Terhadap Pemberdayaan dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Longosari Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Progam IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harahap. (2021). Pengaruh Alokasi Dana Desa (ADD) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi: Desa di Kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang).
Irmawati, (2018). Pengaruh Alokasi Dana Desa Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa di Kabupaten Jenponto.
Luju. (2020). Pengaruh Alokasi Dana Desa Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pemberdayaan Masyarakat Desa di Desa Blorong Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka.
Published
2024-04-09
How to Cite
Nisfian, I., Karismawan, P., & Sriningsih, S. (2024). PENGARUH PENGELOLAAN DANA DESA TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA PRINGGASELA SELATAN. Journal of Economics and Business, 10(1), 49-54. https://doi.org/10.29303/ekonobis.v10i1.160