FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK KOMPETENSI ALUMNI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JURUSAN MANAJEMEN UNIVERSITAS MATARAM

  • Alamsyah Universitas Mataram
  • Lalu Hamdani Husnan Universitas Mataram
Keywords: Kompetensi Alumni, Jurusan Manajemen, Analisis faktor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: untuk mengetahui tingkat kompetensi yang dimiliki alumni jurusan Manajemen FEB Unram setelah menyelesaikan pendidikan,  untuk mengetahui foktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi alumni jurusan Manajemen FEB Unram, penelitian dilakukan pada sampel lulusan tahun 2019 dan 2020 yang tersebar diseluruh wilayan Indonesia, pengumpulan data dilakukan melalui kontak email, telpon, WA dan bahkan secara langsung wawancara dengan alumni. Data yang terkumpulkan dan diolah  sesuai dengan tujuan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS, berikut data dianalisis dengan menggunakan analisis factor dengan alat uji Bartlett, uji KMO dan Uji MSA. Hasil penelitian menujukkan bahwa variable pembentuk kompetensi alumni jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram rata-rata berada diatas 3 point, yang maksudnya bahwa persepsi alumni tentang kompetensi cukup tinggi, kompetensi yang paling tinggi adalah kerjasama team, diikuti oleh etika, komunikasi  masing-masing dengan nilai sebesar 4.4977, 4.4018, 4.4247. Nilai yang paling sering muncul pada setiap pilihan kompetensi adalah 4 dengan titik tengah sebesar  4. jadi variable kompetensi sangat penting untuk diperhatikan, selanjutnya faktor-faktor utama yang membentuk kompetensi  alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Manajemen Unram Komponen 1 adalah: Etika, Keahlian berdasarkan bidang ilmu, Bahasa Inggris, Penggunaan Teknologi Informasi, Komunikasi, Kerja sama tim, dan Pengembangan Diri. Komponen 2 yang membentuk kompetensi adalah Pengetahuan di luar bidang ilmu, Pengetahuan umum, Berpikir kritis, Bekerja di bawah tekanan, dan Integritas.

References

…………, Buku Pedoman Pusat Karir. Direktur Kemahasiswaan, Ditjen Belmawa, Kemristekdikti 2016. Jakarta.
…………, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2011. Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi Buku III Pedoman Penyusunan Borang. Jakarta (ID): BAN-PT.
……….., Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2011. Akreditasi Program Studi Sarjana Buku V Pedoman Penilaian Akreditasi Program Studi Sarjana. Jakarta (ID): BAN-PT.
…………, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2011. Akreditasi Program Studi Sarjana Buku VI Matriks Penilaian Instrumen Akreditasi Program Studi Sarjana. Jakarta (ID): BAN-PT.
…………, Institut Pertanian Bogor. 2010. Panduan Program Pendidikan Sarjana Edisi Tahun 2010. Bogor (ID). IPB Press.
……………, http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/perbedaan-softskill-dan-hardskill/
Antoinette, Lucia D. and Lepsinger, R. 1999. The Art and Science of Competency Model. San Francisco: Jossey-Bass/Pfeiffer
Amstrong, Michael. 2001. Handbook of Human Resources Management Practice, London and Philadelphia: Kogan Page.
A, Wahyuni D, Supriyanto dan Mulyani E. 2012. Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi dengan Dunia Kerja. Jurnal Economia. 8 (1).
Anyar, Moh. (1989) Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Depdiknas.
Ansyar & Nurtain (1993) Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Depdiknas.
Aris Wijayanto, H. Musa Hubeis, Joko Affandi dan Aji Hermawan, (2011), “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Kerja Karyawan Determinants for Employee’s Work Competencies, Jurnal Manajemen IKM, September 2011 (81-87) Vol. 6 No. 2 ISSN 2085-8418
Brown, Barry, Dacin and Gunst, 2005, “Spearching for a consensus antecendent role of service quality and satisfaction: an exploratory national study”. Journal of Business Research, Vol. 51. pp. 53-60.
Bacal, R. 2002. Performance Management, Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama.
DAVID C. McCLELLAND, 1973, Testing for Competence Rather Than for "Intelligence, AMERICAN PSYCHOLOGIST Harvard University
Fuad, Noor dan Ahmad, G. 2009. Integrated Human Resources Development. Jakarta: PT. Grasindo
Gomez, M, (1995). Managing Human Resources. New Jersey (UK): Prentice Hall,Inc.
Hasan Alwi (dkk.). 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Edisi Ketiga.
Hair, J.F., at al. 1998. Multivariate Data Analysis, 5th Edition, New Jersey: Prentice- Hall, Inc. [Makalah Online]. http://mmt.its.ac.id/download/SEMNAS/ SEMNAS%20I/Prosiding%20Buana%20Ma'ruf.pdf.
Iwan Noor Suhasto, Tri Lestariningsih, 2018, Analisis Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Kedisiplinan Dan Kompensasi Tehadap Kinerja Sumber Daya Manusia Menggunakan Analisis Partial Least Square, jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi) Vol 3 Edisi 1 Mei 2018 p-ISSN: 2528-6145 dan e-ISSN: 254-3198
John M. Echols & Hasan Shadily. 1995. Kamus Inggris – Indonesia: An English – Indonesian Dictionary. Jakarta Gramedia. Cetakan 21.
Sagir Junaidi, Zainal Abidin, Alamsyah (2016), Kompetensi Dan Tanggapan Pengguna Lulusan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram (Studi Pada Alumni Jurusan Manajemen), Penelitian Dosen FEB Unram.
Sagir Junaidi, Burhanudin, Alamsyah AB, Sarifudin Serip (2018) “Identifikasi Kompetensi Dan Penilaian Pengguna Lulusan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram (Studi Pada Alumni Tahun 2016 Jurusan Manajemen Reguler Sore), penelitian dosen FEB Unram.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.
LOMA. 1998. LOMA’s Competency Dictionary
M. Asholahudin (2020) Jurnal Horizon Pedagogia, Vol. 1 No. 1 tahun 2020.
Masri Singarimbun & Sofian Effendi (ed.). 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES. Cetakan 2.
Moedjadi, 2013. Kompetensi Hard Skill dan Soft Skill Komunita Widyatama Universitas Widyatama.
Nasution. 1993. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Said Hamid Hasan, 1988, Evaluasi Kurikulum, P2LPTK, Ditjen Dikti, Depdikbud, Jakarta.
Palan, 2007, Competency management-A Practitioner's Guide Seri Manajemen Sumber Daya Manusia No.13 ISBN : 979-442-201-7 cetakan 1, September 2007 Cetakan 2, 2008
Santoso, S. 2002 Statistik Parametrik, Cetakan Ketiga, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Syafik Ahmad, Fikawati Sandra, 2016, Tracer Study Metodologi dan Manajemen, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Spencer, L and Signe Spencer, (1993). Competence Of Work. Canada, John Wiley&Sons, Inc.
Sudarwan Danim. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung. Cetakan 1
Sugiyono, 2004, metode penelitian bisnis, CV. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2005. Statistik untuk Penelitian. Bandung (ID): CV. Alfabeta.
Supranto. J. 2004. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi, Jakarta, Rieke Cipta.
Sulistiyani, Ambar Teguh dan Rosidah, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, Graha Ilmu: Yogyakarta.
TIM Redaksi KBBI. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Edisi III. Cetakan Kedua.
Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.
Triffin, McCormick. 1979. Industrial Psychology. New Delhi (India): Prentice Hall..
Published
2023-09-30
How to Cite
Alamsyah, & Husnan, L. H. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK KOMPETENSI ALUMNI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JURUSAN MANAJEMEN UNIVERSITAS MATARAM . Journal of Economics and Business, 9(2), 23-38. https://doi.org/10.29303/ekonobis.v9i2.149