Marketing Strategy Pariwisata Melalui Marketing Mix Strategy Dan Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Lombok Utara (KLU)

  • Irwan Suriadi Universitas Mataram
  • Didy Ika Supryadi Universitas Mataram
Keywords: MarketingStrategy,Marketing Mix, SWOT Analisys, Kabupaten Lombok Utara

Abstract

Penelitian ini berjudul “Marketing Strategy Pariwisata Melalui Marketing Mix Strategy dan pengembangan Pariwisata di Kabupaten Lombok Utara (KLU)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimana strategi bauran pemasaran pariwisata di Kabupaten Lombok Utara (KLU) (b) Faktor-faktor apa saja yang menjadi kekuatan,kelemahan,ancaman dan peluang pengembangan pariwisata di Kabupaten Lombok Utara (KLU), (c)Bagaimana pengembangan pariwisata di Kabupaten Lombok Utara (KLU),Tujuan penelitian ini adalah (a) Untuk Menganalisis bagaimana strategi bauran pemasaran pariwisata di kabupaten Lombok utara.(b)Faktor-faktor apa saja yang menjadi kekuatan,kelemahan,ancaman dan peluang pengembangan pariwisata di kabupaten Lombok Utara (c) Untuk merumuskan strategi pengembangan pariwisata di Kabupaten Lombok Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mencoba mencari gambaran dan strategi pemasarn pariwisata yang sesuai di kabupaten Lombok utara (KLU). Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif dan SWOT Analisys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor strategi internal (kekuatan) yang memiliki kekuatan utama adalah Keunikan di tempat wisata, Faktor strategi internal (Kelemahan) yang memiliki kelemahan yang utama adalah Faktor Palayanan kepada wisatawan di kawasan wisata, Peluang utama pariwisata KLU adalah Letak daerah wisata yang strategis, Faktor strategi Eksternal (Ancaman)  yang memiliki ancaman utama adalah Persaingan pariwisata yang semakin ketat, Strategi pengembangan pariwisata di KLU adalah Dinas pariwisata kabupaten Lombok utara (KLU) harus sering mengadakan iven-iven pariwisata di kabupaten Lombok utara (KLU) dan mengikuti ivent promosi di dalam dan diluar negeri.

References

Anonin. Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan
Begum & Sarker. “Marketing Strategies For Tourism Industry In Bangladesh: Emphasize On Niche Market Strategy For Attracting Foreign Tourists”, Journal of Arts, Science & Commerce .E-ISSN 2229-4686.ISSN 2231-4172. 2013
Gustavo. Marketing Management Trends in Tourism and Hospitality Industry: Facing the 21st Century Environment. International Journal of Marketing Studies; Vol. 5, No. 3; 2013,ISSN 1918-719X E-ISSN 1918-7203
Kotler,Philip.1997. Marketing Management, 9 Ed. Prentice-Hall, Inc. New York
Kuncoro,Mudrajad.2003. Metode Riset Untuk Ekonomi dan Bisnis.Erlangga.Jakarta
Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Kepariwisataan. Alpabeta Bandung.
Magatep.“The Impact of Tourism Marketing Mix Elements on the Satisfaction of Inbound Tourists to Jordan” International Journal of Business and Social Science . Vol. 6, No. 7; July 2015
Pitana, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. CV Andi Offset: Yogyakarta
Pendit, Nyoman. 1999. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. PT. Pradnya Paramita. Jakarta
Purnomo (2009). Strategi Pemasaran Produk Wisata Minat Khusus Goa Cerme, Imogiri, Bantul”.Jurnal Karisma Vol.3(2): 99-112,2009
Rangkuti, Fredi. 2002. Analisis SWOT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
____________.2006. Measuring Costumer Satisfaction. Edisi ketiga. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Suwantoro, Gamal, 1997. Dasar-dasar Pariwisata. ANDY. Yogyakarta
Spillane. James. 1994. Pariwisata Indonesia : Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Kanisius. Yogyakarta.
Sharpley. 1994. Tourism, Tourism and Socciety. Huntingdom: ELM Publication
Soekadijo, R. G, 1997. Anatomi Pariwisata : Memahami Pariwisata Sebagai Sistem Linkage. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Simamora, Bilson. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen.Edisi Ketiga. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Umar,Husain.2001. Studi kelayakan Bisnis. Edisi 2, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.Jakarta
___________. 2003. Business an Introduction. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Vellas & Becherel.1999.. The international marketing of travel and tourism,”Astrategic approach” Macmilan press
Wu & Zhang. Research on the Tourism Effect and Marketing Strategy of Convention & Exposition Industry: A Case Study of Shenzhen City of China. Journal of Service Science and Management, 2013, 6, 151-159
Yoeti, Oka,A 1997. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. PT. Pradnya Paramita. Jakarta.
Yoeti, Oka, A. 2006. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung, Angkasa.
Published
2017-09-29
How to Cite
Irwan Suriadi, & Didy Ika Supryadi. (2017). Marketing Strategy Pariwisata Melalui Marketing Mix Strategy Dan Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Journal of Economics and Business, 3(2), 136 - 153. https://doi.org/10.29303/ekonobis.v3i2.12

Most read articles by the same author(s)