Implementasi dan Efektifitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat. Studi di Desa Kekait Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat.

  • Nur Aeda Universitas Mataram
  • Riadul Jannah Universitas Mataram
Keywords: Efektivitas, Program Keluarga Harapan dan Kesejahteraan

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga dan/atau seseorang miskin dan rentan yang terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin, diolah oleh Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial dan ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. PKH dilaksanakan dengan tujuan dapat meningkatkan taraf hidup Keluarga Penerima Manfaat (KPM), mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapayan keluarga, adanya perubahan perilaku dan kemandirian KPM, mengurangi kemiskinan dan kesejangan, serta mengenalkan produk jasa keuangan formal pada KPM. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana  efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH)  dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Kekait Kecamatan Gunungsari  Kabupaten Lombok Barat. Sumber datanya meliputi data primer dan sekunder. Adapun teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dari data-data yang telah dikumpulkan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka dapat di simpulkan bahwa program keluarga harapan yang dilaksanakan di Desa Kekait dilihat dari variabel pengukuran efektivitas, yaitu ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program dan pemantauan program berjalan dengan efektif. Dengan adanya PKH telah membawa beberapa perubahan kesejahteraan yang nyata kepada keluarga penerima manfaat PKH.

References

A. Ghofar Purbaya. Strategi Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat: Kasus Pengusaha Krupuk dan Camilan Hasil Laut di Pantai Kenjeran Lama Surabaya. Jurnal Ekonomi, Volume 1 No. 1 Desember 2016.
Ateng Wesa, Yoyon Suryono. Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Peserta Pelatihan Kelompok Prakoperasi di Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat MAN 2 Ambon, Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 1 Nomor 2 November 2014.
Ayu Andira. Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. e-Journal Ilmu Pemerintahan, Volume 6 Nomor 4 2018.
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Batasan dan Pengertian MDK, dalam http://aplikasi.bkkbn.go.id/mdk/BatasanMDK.aspx, diakses pada tanggal 23 Juli 2021
Daryanto. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya. Apollo Lestari. 1998.
Desi Pratiwi. Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Pengentasan Kemiskinan Ditinjau Dari Ekonomi Islam. Skripsi, FEBI IAIN Metro. Lampung. 2020.
Direktorat Jaminan Sosial Keluarga. Pedoman Umum Program Keluarga Harapan (PKH) dalam https://kemsos.go.id/program-keluarga-harapan-pkh. Diakses pada tanggal 26 Oktober 2020, pada pukul 09.44 WITA.
Donni Juni Prinasa, Agus Garnida. Manajemen Perkantoran Efektif, Efisien, dan Profesional. Bandung. Alfabeta. 2019.
Edi Suharto. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategi Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung. PT Refika Aditama. 2014.
Kementrian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’anul Karim dan Terjemahannya. QS Al-Qhasas (28): 77. Surabaya. 2013.
Kementrian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’anul Karim dan Terjemahannya, Edisi Keluarga, QS al-Isra’ (17): 26. Surabaya. 2013.
Kementrian Sosial RI. Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Tahun 2020. https://kemsos.go.id/program-keluarga-harapan-pkh. diakses pada tanggal 26 Oktober 2020, pada pukul 09.44 WITA.
Kementrian Sosial. Undang-undang Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/sehat/UU-11-2009KesejahteraanSosial.pdf, diakses pada tanggal 14 Juli 2019.
Lexy J. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya. 2014.
Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. CV Pustaka Setia. 2011.
Muhammad Sharif Chaudry. Sistem Ekonomi Islam. Jakarta. Kencana. 2012.
Nugroho J. Setiawadi. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta. Prenada Media Grup. 2013.
Nurila. Efektivitas Program Keluarga Harapan dalam Mensejahterakan Masyarakat. Skripsi FDIK UIN Mataram. Mataram. 2018.
Nurul Infitah, dkk. Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonom Universitas Jember, Volume 12 Nomor 1, 2018.
Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan.
Profil Desa Kekait, 12 Desember 2020
Rizal Khadafi, Dyah Mutiarin. Efektivitas Program Bantuan Keuangan Khusus Dalam Mengentaskan Kemiskinan Di Kabupaten Gunungkidul. Journal Of Governance and Public Policy, Vol. 4 No. 2, Juni 2017.
Sudaryono. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta. Prenadamedia Group. 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta. 2019.
Syahputra Adisanjaya Suleman, Risna Resnawaty. Program Keluarga Harapan (PKH): Antara Perlindungan Sosial dan Pengentasan Kemiskinan. Prosiding KS: Riset & PKM, Volume 4 Nomor 1
Undang-undang Republik Indonesia No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejaheraan Sosial, diakses pada laman https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38601/uu-no-11-tahun-2009, pada 11 Maret 2021 pukul 15.02 WITA.
Published
2022-03-31
How to Cite
Nur Aeda, & Riadul Jannah. (2022). Implementasi dan Efektifitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat. Studi di Desa Kekait Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Journal of Economics and Business, 8(1), 165-186. https://doi.org/10.29303/ekonobis.v8i1.98