Persepsi Dan Sikap Masyarakat Santri Terhadap Bank Syari’ah

  • Jalaludin Universitas Mataram
Keywords: Persepsi, bank, syari’ah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan persepsi dan sikap masyarakat muslim, hususnya masyarakat santri  terhadap bank syariah, cara mereka mengelola keuangannya dan faktor-faktor yang mendorong dan menyebabkan mereka memilih atau tidak memilih bank syariah, diharapkan dapat memberikan rekomendasi khususnya kepada pengembangan bank syariah. Penelitian  dilakukan dengan pendekatan kualitatif untuk menerangkan fenomena dari dua kelompok masyarakat santri yaitu yang menjadi pelanggan bank syariah dan yang belum menjadi pelanggan bank syariah. Investigasi data dan wawancara mendalam telah dilakukan untuk  mencapai tujuan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat santri Lombok Timur terhadap prinsip-prinsip dasar  bank syariah adalah positif. Dalam manajemen keuangannya, sejumlah masyarakat muslim juga menggunakan lembaga keuangan lain untuk menabung, meminjam uang dan jasa-jasa keuangan dan perbankan lainnya. Alasan utama masyarakat muslim memilih bank syariah adalah ketaatan pada syariah Islam, keamanan, dan kedekatan dengan tempat tinggal mereka. Sedangkan faktor utama masyarakat muslim yang tidak memilih bank syariah adalah ketiadaan bank syariah di sekitar masyarakat muslim, lokasi lembaga keuangan lain yang lebih strategis, periklanan dan hadiah

References

Amin Aziz M, 1992, Mengembangkan Bank Islam di Indonesia, Buku 1, Acuan untuk Da’i dan Muballigh, Bangkit Jakarta

Athar, H. S., Basuki, P., & Santoso, B. (2021). The Analysis of Customer Satisfaction Post Covid-19. In 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020) (pp. 497-501). Atlantis Press.

-----------------, 1992, Mengembangkan Bank Islam di Indonesia, Buku 2, Acuan untuk Para Praktisi Perbankan, Pakar, Mahasiswa dan Umum, Bangkit Jakarta.

Antonio Syafii Muhammad, 1997, Bisnis dan Perbankan dalam Perspektif Islam, Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Bank Syari’ah (LPBS) Jakart.

----------------, 1999, Bank Syari’ah Bagi Bankir dan Praktisi keuangan, Tazkia Institut dan Bank Indonesia (BI) Jakarta.

Arifin Zainul, 1999, Memahami Bank Syariah: Lingkup, Peluang dan Prospek, ALVABET, Jakarta.

Erol, Cengiz & Radi El-Bdour, Attitudes, Behavior and Patronage Factors of Bank Customer towards Islamic Bank. International Journal Banking Management, 7, 6, 1992,

Gibson, Ivancevich & Donnelly, Organisasi, Perilaku – Struktur – Proses, Edisi kedelapan, Binarupa Aksara, Jakarta, 1996.

Hidayat, Ali Akbar, Muaidy Yasin,and Akhmad Jufri. 2021.“Influence of Muslim-Friendly Facilities, Prices, and Locations On Decisions to Stay At Three And Four-Star Hotels In Mataram City.”American Journal of Humanities and Social Sciences Research5(1): 416–424.

Karim Adiwarman A. 2000, Perbankan Syari’ah, Peluang, Tantangan dan Strategi Pengembangan, Muamalat Institut Jakarta.

Raba Manggaukang, 2006, Metodologi Penelitian, Pedati Pasuruan Jatim.

Robbins, Stephen P., Teori Organisasi, Struktur, Desain & Aplikasi, Edisi 3, Penerbit Arcan, Jakarta, 1994.

Rojabi, S. H., Saufi, A., & Diswandi, D. (2020). Developing Zero Waste Halal Tourism Community in Lombok. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 194-205.

Syahrial, Alfi W, Ning, Nina M, Mukhlisina, Persepsi Nasabah terhadap Bank Syariah, Modal, Bisnis Inspirasi berkeadilan, No. 17/ II- Maret 2004, PT Modal Multimedia Jakarta

Yasin, M., & Surati, L. E. H. (2021). Does Product Knowledge Affect Intention To Use Islamic Banking? The Role of Corporate Image, Product Quality, and Religiosity. Journal of Southwest Jiaotong University, 56(2).

Published
2022-03-31
How to Cite
Jalaludin. (2022). Persepsi Dan Sikap Masyarakat Santri Terhadap Bank Syari’ah. Journal of Economics and Business, 8(1), 45-59. https://doi.org/10.29303/ekonobis.v8i1.92