Model Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Ekowisata Mangrove di Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat

  • Emi Salmah Universitas Mataram
  • Titi Yuniarti Universitas Mataram
  • Endang Astuti Universitas Mataram
  • Eka Agustiani Universitas Mataram
  • Siti Fatimah Universitas Mataram
Keywords: Model Partisipasi Masyarakat, Ekowisata Mangrove, Lembar Selatan

Abstract

Partisipasi masyarakt dalam kegiatan pariwisata merupakan suatu kegiatan yang dilakukan sepenuhnya oleh masyarakat. Ide kegiatan dan pengelolaan dilakukan seluruhnya oleh masyarakat secara partisipatif, dan manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat lokal.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Merumuskan Model partisipasi masyarakat lokal dalam Ekowisata Mangrove  di Desa Lembar Selatan, Kec. Lembar  Kabupaten Lombok Barat, 2) Menganalisis bagaimana mereka mengelola informasi sebagai bagian dari partisipasi masyarakat lokal dalam  ekowisata Mangrove di Desa Lembar Selatan, Kec. Lembar  Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Diskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan eksploratif.  Menggunakan data primer dan data Sekunder, metode pengumpulan data, observasi, Wawancara secara  mendalam (in-depth interview) dan telaah pustaka. Data yang terkumpul akan dianalisa dan dihitung dengan menggunakan system Excel, lalu disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan diagram batang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat sudah banyak yang berpartisipasi dalam ekowisata mangrove di Desa Lembar Selatan, dengan membuka usaha kuliner  (makanan khas Sasak), menyewakan sampan/perahu untuk mengelilingi lokasi mangrove, jasa parkir yang melibatkan masyarakat khususnya anak muda, menjual dan memeriksa tiket masuk. Dalam penyebaran informasi, sudah dilakukan oleh para remaja yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Lembar Selatan. Model partisipasi masyarakat dalam mengelola informasi harus ada kemauan secara bersama-sama (masyarakat, aparat desa, pemerintah dan swasta) dalam mengembangkan ekowisata Mangrove Lembar Selatan secara signifikan.

References

Ade Jafar Sidiq, dkk. 2016. Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal di Desa Wisata Linggarjati Kuningan Jawa Barat. Prosiding, Riset dan PKM Volume 4 No 1.
Arief Faizal Rahman. 2014. Model Partisipasi Masyarakat Daklam Pariwisata di Pantai Swarna Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Universitas Paramadina Jakarta.
Bappeda, 2018, Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Lombok Barat, Kantor Bappeda Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019.
Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat 2019, Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) Kabupaten Lombok Barat
_________, Kabupaten Lombok Barat dalam Angka Tahun 2019. Kantor Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat, 2019.
__________, Kecamatan Lembar dalam Angka Tahun 2019. Kantor Badan Pusat Statistik Provinsi NTB, 2018.
Laksmi Puja Sukma. 2018. Persepsi Masyarakat Terhadap Ekosistem Hutan Mangrove Di Kawasan Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa, Universitas Syiahkuala Banda Aceh.
Marpaung, H. 2000. Pengetahuan Kepariwisataan, Alphabeta, Bandung.
Maria Grace Lawe Siu, Siti Amanah, Nyoto Santoso. 2020. Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Pengelolaan Ekowisata Mangrove Di Kelurahan Oesapa Barat Kota Kupang. Jurnal Ilmu Kehutanan Tengkawang. Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura. Vol 10 no. 1


Muh. Amran Amir 2017. Analisis SWOT.
(http://media-amran.blogspot.com/2010/08/analisis-swot.html, diakses pada 24 Oktober 2017)
Pendit, N. S. 1994. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Pradnya Paramitha Jakarta.
Suara Merdeka, 11 Januari 2015. Potensi Agrowisata dan Strategi Pengembangan Agrowisata
Titi Yuniarti dkk. 2018. Strategi Pengembangan Potensi Kecamatan Gangga Sebagai Kawasan Agrowisata Di Kab Lombok Utara. FEB Unram 2018.
……… 2019. Partisipasi Masyarakat Lokal dalam Pengembangan Agrowisata di Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara”. FEB Unram 2019
UU No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. KLH RI, 2013
Yoeti, A. O. 1982. Pengantar Kepariwisataan, Sebuah Pengantar Perdana, Pradya Paramitha, Bandung.
Yusti Martena Afrit Anova. 2013. Keanekaragaman Mangrove Di Pantai Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan. Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.
Published
2021-09-28
How to Cite
Emi Salmah, Yuniarti, T., Astuti, E., Agustiani, E., & Fatimah, S. (2021). Model Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Ekowisata Mangrove di Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Journal of Economics and Business, 7(2), 223-238. https://doi.org/10.29303/ekonobis.v7i2.78